Menu Close

Tips Menyajikan Pepaya dan Manfaatnya untuk Tubuh

Rasa pepaya paling nikmat saat dalam kondisi dingin, jadi sebaiknya simpan di lemari es jika memungkinkan. Setelah dicuci bersih, Kamu bisa memotongnya menjadi dua memanjang, keluarkan bijinya, dan mengupas kulitnya.

Selain manfaat buah pepaya yang sangat banyak, ia juga merupakan buah yang sangat serbaguna. Buah ini dapat dikombinasikan dengan makanan lain untuk melengkapi rasanya. Nah, berikut ini beberapa ide resep mudah menyajikan pepaya:

  • Sarapan: Potong menjadi dua dan isi masing-masing setengahnya dengan yogurt Yunani, lalu taburi dengan beberapa blueberry dan kacang yang sudah dicincang.
  • Salsa: Potong pepaya, tomat, bawang bombay dan daun ketumbar, lalu tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata.
  • Smoothie: Campurkan buah potong dadu dengan susu dan es batu dalam blender, lalu blender hingga halus.
  • Salad: Potong pepaya dan alpukat menjadi kubus, tambahkan ayam matang potong dadu dan balut dengan minyak zaitun dan cuka.
  • Makanan Penutup: Campurkan buah pepaya cincang dengan dua sendok makan biji chia, satu cangkir susu almond, dan 1/4 sendok teh vanila. Aduk rata dan dinginkan sebelum dimakan.

Cara Memilih dan Menyimpan Pepaya

  • Di Indonesia, buah pepaya sangat mudah ditemukan dan selalu ada sepanjang tahun. Namun meski pepaya tersedia kapan saja, bukan berarti semua jenis pepaya sempurna. Untuk pepaya dengan rasa terbaik, belilah buahnya hanya saat matang, atau tunda makan buahnya sampai benar-benar matang.
  • Pepaya mentah memiliki warna campuran kuning dan hijau. Sementara pepaya matang, berwarna kuning cerah dan keras (tapi bisa terasa lembut dengan tekanan lembut).
  • Jika Kamu membeli pepaya matang, hindari buah yang terlalu lembut kecuali jika Kamu berencana untuk menggunakannya dalam smoothie atau jus. Pepaya yang baik juga memiliki sedikit atau tanpa noda. Pepaya mentah dari toko bahan makanan akan matang dalam beberapa hari.
  • Setelah matang, simpan buah di lemari es untuk membantu memperlambat proses pematangan. Jika Kamu memiliki sisa pepaya, dapat disimpan di freezer hingga sepuluh bulan. Keluarkan bijinya terlebih dahulu kemudian potong buah kecil-kecil untuk disimpan.

Manfaat Pepaya

  • Melindungi dari Kerusakan Kulit

Selain menjaga kesehatan tubuh, manfaat buah pepaya juga dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

Aktivitas radikal bebas yang berlebihan diyakini bertanggung jawab atas banyak kerutan, kendur, dan kerusakan kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Berkat vitamin C dan likopen dalam pepaya, maka kulit akan terlindungi dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan ini.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan U.S. National Institutes of Health menemukan bahwa pemberian likopen selama 10-12 minggu dapat mengurangi kemerahan kulit setelah terpapar sinar matahari.

Di sisi lain, wanita lansia yang mengonsumsi campuran likopen, vitamin C, dan antioksidan lainnya selama 14 minggu juga dilaporkan mengalami penurunan kedalaman keriput wajah.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C yang cukup, yang dapat diberikan pepaya, dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

  • Sebagai Masker Rambut

Tidak hanya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya, Kamu juga bisa membuat pepaya menjadi masker rambut.

Dilansir dari studi tahun 2021, manfaat buah pepaya sebagai masker berasal dari vitamin A di dalamnya yang mampu menutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut.

Ini dia resep masker pepaya yang bisa Kamu buat di rumah:

  • 1/2 pepaya matang
  • 1/2 gelas minyak kelapa
  • 1 sdm madu

Campur seluruh bahannya dan aplikasikan di rambut lembap, diamkan selama 30-40 menit, lalu basuh dengan sampo.

Itulah beberapa manfaat dari pepaya yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan pepaya aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pepaya, Kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *