Menu Close

Pentingnya Memilih Dan Mengisi Berkala Bahan Bakar Mobil Dengan Tepat

TREVO - Aplikasi Sewa Kendaraan for Android - APK Download
source gambar : facebook

Pernah langsung menggunakan kendaraan yang sudah tidak digunakan lama? Bagi kamu yang suka meninggalkan kendaraan dalam waktu yang lama hingga berbulan – bulan, mungkin harus mempertimbangkannya kembali. Kendaraan yang ditinggalkan untuk jangka waktu yang lama kemungkinan mudah sekali untuk rusak. Ada banyak sekali faktor kemungkinannya salah satunya dari bahan bakar. Kok bisa?

Ternyata bahan bakar memiliki batas masa pakai. Bahan bakar yang terlalu lama dibiarkan dalam tangki bensin hingga berbulan – bulan akan memiliki residu. Dimana residu dihasilkan dari reaksi senyawa olefin dalam bahan bakar dengan oksigen di udara.

Sebab itu, bahan bakar yang dibiarkan, lama – lama akan memiliki banyak residu. Penumpukan residu dalam tangki bahan bakar akan menyebabkan kerusakan mesin kendaraan. Sebab itu, pemilik car sharing maupun layanan sewa kendaraan lainnya cenderung mengisi tangki ketika akan digunakan.

Bagaimana residu tangki bisa masuk ke mesin? Dalam menggerakkan mobil, bahan bakar diperlukan untuk proses pembakaran. Bahan bakar akan dialirkan masuk ke dalam mesin pembakaran sesuai kebutuhan mesin. Proses pengaliran ini tidak menutup kemungkinan residu akan ikut tertarik masuk.

Residu ini bila tertarik masuk ke mesin mobil car sharing akan melekat pada badan mesin yang nantinya akan menyebabkan korosi. Efek jangka panjangnya tentu saja kerusakan mesin.

Selain residu dari bahan bakar yang tidak digunakan dalam tangki dalam jangka waktu lama, residu juga bisa didapatkan dari penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Mobil membutuhkan bahan bakar untuk bergerak. Bahan bakar yang dibutuhkan mobil harus sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Seperti pada mobil car sharing tipe mesin common rail membutuhkan bahan bakar Pertamina Dexlite ataupun mesin EFI yang butuh bahan bakar Pertamax. Bila bahan bakar yang digunakan tidak sesuai maka mesin cenderung menyisakan residu pembakaran yang akan menempel pada mesin.

Nah, jadi ada baiknya ketika kamu punya mobil pribadi atau meminjam dari layanan car sharing untuk memperhatikan bahan bakar yang digunakan. Baik checking kualitas bahan bakar maupun menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin mobil. Dengan begitu kamu membantu merawat mobil dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *